“Edutainment” Konsep Wisata Ilmiah Berbasis Penelitian dan Pengembangan di BP2LHK Manado

Kategori: Berita Utama Ditayangkan: Minggu, 24 November 2019 Ditulis oleh Administrator

BP2LHK MANADO (Manado, 22/11/2019) “Edutainment adalah edukasi dengan cara yang menyenangkan untuk memperkenalkan wisata ilmiah yang ada di BP2LHK Manado”. Demikian disampaikan Sekretaris Badan Litbang dan Inovasi (BLI) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Dr. Ir. Sylvana Ratina, M.Si  ketika memberikan pembinaan sekaligus arahan kepada seluruh jajaran pegawai Balai Penelitian dan Pengembangan Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BP2LHK) Manado, Jum’at (22/11/19).

Didampingi oleh Kepala BP2LHK Manado, Mochlis, S.Hut.T, MP, Sylvana juga mengatakan BP2LHK Manado punya banyak hasil-hasil penelitian dan pengembangan yang bagus untuk di kemas menjadi sebuah wisata ilmiah yang menyenangkan dan menarik masyarakat. “Sebagai contoh Anoa yang merupakan satwa endemik Sulawesi bisa menjadi destinasi kunjungan yang eksklusif dan unik serta apabila di kemas dengan cara yang menyenangkan akan sangat menarik untuk dikunjungi baik dari wisatawan lokal maupun mancanegara sehingga berpotensi sebagai sumber PNBP ”. Kata Sylvana.

Pada kesempatan yang sama Kepala BP2LHK Manado, Mochlis, S.Hut.T, MP, mengatakan bahwa konsep wisata ilmiah di Anoa Breeding Centre (ABC) BP2LHK Manado merupakan bentuk Proyek Perubahan (Proper) yang sedang di kerjakan oleh Pejabat Struktural Eselon IV BP2LHK Manado yang menjalankan Diklat Kepemimpinan Tingkat IV yaitu Alex Novendra, S.Hut, M.S.E (Kasie Sarana Penelitian), Lulus Turbianti, S.Hut (Kasie Data, Informasi dan Kerjasama) dan Safrudin Mokodompit, SP (Kasie Program dan Evaluasi).

Sekretaris BLI, Dr. Ir. Sylvana Ratina, M.Si juga memberi motivasi untuk seluruh ASN BP2LHK Manado untuk senantiasa bekerja dengan Jujur, Tertib dan Bersemangat serta Kepala BP2LHK Manado agar memfasilitasi dan mendukung Proper yang sedang dikerjakan hingga bisa di aplikasikan dengan baik. “saya berpesan kepada seluruh pegawai BP2LHK Manado untuk senantiasa bekerja dengan Jujur, Tertib dan Bersemangat serta kabalai untuk memfasilitasi dan mengawal terus proper wisata ilmiah di ABC ini agar dilaksanakan dan diaplikasikan dengan baik “. pesan Sylvana.

Sebagai penutup Kepala BP2LHK Manado, Mochlis, S.Hut.T, MP mengucapkan terima kasih atas pembinaan yang telah diberikan dan berharap apa yang telah disampaikan Sekretaris BLI bisa bermanfaatkan dan menjadi acuan untuk kemajuan BP2LHK Manado . “Saya mewakili segenap pegawai BP2LHK Manado mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya dan merasa terhormat mendapat kunjungan dan arahan yang sangat bermanfaat dari bu sekbadan”. tutup Mochlis.

Dalam kunjungan kerjanya di Sulawesi Utara, selain memberikan pembinaan pegawai BP2LHK Manado, Sekretaris BLI juga melakukan kunjungan ke Klink Anoa Breeding Centre (ABC) BP2LHK Manado dan melakukan Peninjauan Lapangan di demplot Tanaman Cempaka Project Kerjasama luar negeri antara BP2LHK Manado dengan ITTO  Project “PD 646/12 Rev.3 (F)  “Initiating the Conservation of Cempaka Tree Species (Elmerrillia spp.) through Plantation Development with Local Community Participation in North Sulawesi, Indonesia” yang terletak di Desa Kembes Kabupaten Minahasa. Dalam kunjungan lapangan Sekretaris BLI juga berkesempatan menanam pohon Cempaka Wasian (Magnolia spp.) didampingi oleh Kepala BP2LHK Manado. (**MFF)

Dokumentasi : Muhammad Farid & Harwiyadin Kama

 

 -------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

                         

-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

 Balai Penelitian dan Pengembangan Lingkungan Hidup dan Kehutanan Manado

Jl. Raya Adipura Kel. Kima Atas, Kec. Mapanget, Kota Manado, Provinsi Sulawesi Utara (Indonesia)

 

Email :

Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Website :

www.manado.litbang.menlhk.go.id

www.balithut-manado.org

E-Jurnal :

http://ejournal.forda-mof.org/ejournal-litbang/index.php/JWAS

Dilihat: 51