Inisiasi Pembentukan Forum Cempaka, BP2LHK Manado dan Dinas Kehutanan Provinsi Sulawesi Utara Audiensi dengan Wakil Bupati Minahasa Utara

Kategori: Berita Utama Ditayangkan: Kamis, 18 Jun 2020 Ditulis oleh Administrator

BP2LHK MANADO (Manado, 18/06/2020) Dalam rangka Inisiasi pembentukan Forum Cempaka di Provinsi Sulawesi Utara, Balai Penelitian dan Pengembangan Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BP2LHK) Manado  melakukan audiensi dengan Wakil Bupati Minahasa Utara (Minut), Ir. Yopi Lengkong, M.Si di kediamannya, Kamis (18/6/20).

Turut hadir dalam audiensi dengan Wakil Bupati Minahasa Utara antara lain Sekretaris Dinas Kehutanan Provinsi Sulawesi Utara, Rainer Dondokambey, S.Hut, Project Coordinator ITTO, Diah Irawati Dwi Arini, S.Hut, M.Sc, Kasie Sarana Penelitian BP2LHK Manado Alex Novandra, S.Hut, MSE serta National Consultant ITTO Tri Budi Miharjo, S.Hut, M.Si.

Pembentukan Forum Cempaka di Provinsi Sulawesi Utara sendiri merupakan salah satu target dari kegiatan kerjasama BP2LHK Manado dengan International Tropical Timber Organization (ITTO) melalui proyek ITTO PD 646/12 REV.3 (F) “Initiating the Conservation of Cempaka Tree Species (Elmerrillia sp.) through Plantation Development with the Local Community Participation in North Sulawesi, Indonesia” yang pelaksanaanya didukung oleh Dinas Kehutanan Provinsi Sulawesi Utara.

Audiensi diawali dengan presentasi kegiatan dari Project Coordinator ITTO PD 646/12 REV.3 (F) yang juga peneliti BP2LHK Manado, Diah Irawati Dwi Arini, S.Hut, M.Sc tentang tujuan secara umum dari proyek yaitu berkontribusi dalam konservasi spesies cempaka di Sulawesi Utara. “Sementara tujuan spesifik dari proyek ini adalah mendorong dan mengkampanyekan upaya konservasi dan pengembangan hutan tanaman cempaka dengan melibatkan masyarakat lokal khususnya di Sulawesi Utara yang didalamnya ada kegiatan pembentukan forum cempaka,” Jelas Arini.

Menanggapi hal tersebut Wakil Bupati Minahasa Utara, Ir. Yopi Lengkong, M.Si menyampaikan ucapan terima kasih dan siap mendukung terbentuknya Forum Cempaka demi kelestarian pohon cempaka terutama jenis cempaka wasian yang sudah mulai langka dan sulit didapatkan di Bumi Nyiur melambai. “Kayu cempaka merupakan bahan baku rumah khas minahasa dan sekarang sudah mulai kekurangan bahan baku, oleh karena itu saya siap mendukung terbentuknya Forum Cempaka demi kelestarian pohon cempaka terutama jenis cempaka wasian,” Kata Yopi.

Dalam kesempatan yang sama Sekretaris Dinas Kehutanan Daerah Provinsi Sulawesi Utara Rainer Dondokambey, S.Hut mengucapkan terima kasih dan apresiasi karena sudah diterima dengan baik oleh Wabup Minut serta menyampaikan bahwa pembentukan forum cempaka ini merupakan upaya untuk membentuk wadah bagi para stakeholder di tingkat provinsi dalam pengelolaan dan konservasi Cempaka di Sulawesi Utara. “Pembentukan forum cempaka ini sebagai upaya untuk membentuk wadah bagi para stakeholder  yang terlibat dalam pengelolaan kayu cempaka seperti petani, industri kayu, akedemisi maupun pemerintah daerah di tingkat provinsi dalam pengelolaan dan konservasi cempaka di Sulawesi Utara,” Ucap Rainer.

Diakhir pertemuan Wabup Minut berharap dengan adanya forum cempaka ini, kayu cempaka semakin diminati masyarakat dan lestari. “Dengan adanya forum ini kita mengharapkan tanaman atau kayu cempaka ini makin diminati oleh masyarakat sehingga menarik masyarakat untuk membudidayakan dan melestarikan cempaka,” Harap Yopi. ***(Muhammad Farid).

            

 

Dokumentasi : Muhammad Farid

------------------------------------------------------------------------------------

Balai Penelitian dan Pengembangan Lingkungan Hidup dan Kehutanan Manado

Jl. Raya Adipura Kel. Kima Atas, Kec. Mapanget, Kota Manado, Provinsi Sulawesi Utara (Indonesia)

 

Email :

Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Website :

www.manado.litbang.menlhk.go.id

www.balithut-manado.org

E-Jurnal :

http://ejournal.forda-mof.org/ejournal-litbang/index.php/JWAS

Dilihat: 93