Mantapkan Kepengurusan dan Penyusunan Rencana Kerja, Forum Cempaka Sulawesi Utara Siap Ditetapkan

Kategori: Berita Utama Ditayangkan: Jumat, 24 Juli 2020 Ditulis oleh Administrator

BP2LHK MANADO (Manado, 23/7/2020) Melanjutkan Focus Group Discussion (FGD) I "Inisiasi Pembentukan Forum Cempaka Sulawesi Utara", BP2LHK Manado bekerjasama dengan Dinas Kehutanan Daerah Provinsi Sulawesi Utara menyelenggarakan FGD lanjutan dalam rangka Pemantapan Kepengurusan dan Penyusunan Rencana Kerja Forum Cempaka. Forum Cempaka ini merupakan salah satu output dari ITTO Project PD 646/12 Rev. 3 (F) “Initiating the Conservation Cempaka Trees Species (Elmerrillia sp.) through Plantation Development with the Local Community Participation in North Sulawesi”.

FGD yang dibuka oleh Kepala Dinas kehutanan Daerah Provinsi Sulawesi Utara, Drs. Marhaen Roy Tumiwa, M.Pd ini dihadiri oleh pengurus forum cempaka yang terdiri atas akademisi, pemerintah daerah, pemerintah pusat, pengusaha industri kayu cempaka, petani cempaka, pengada bibit cempaka, dan LSM. Dalam arahannya beliau menyampaikan pesan agar senantiasa menjaga kelestarian cempaka baik dari sisi produksi maupun pemanfaatannya.

Marhaen juga berpesan bahwa forum cempaka yang terbentuk nanti haruslah mempunyai persepsi, konsistensi serta komitmen bersama untuk mengembangkan tanaman cempaka di Sulawesi Utara. “Forum Cempaka yang terbentuk nanti bisa mengawali program kerja dengan napak tilas cempaka sehingga bisa menggairahkan dan memberikan motivasi serta spirit yang baru,” lanjut Marhaen

Senada dengan Marhaen, Kepala BP2LHK Manado, Mochlis, S.Hut., MP dalam sambutannya mengatakan bahwa pada FGD II ini, kepengurusan forum harus memiliki semangat yang sama. “Saya berharap pada FGD kedua ini kepengurusan forum cempaka sudah terbentuk sehingga forum bisa langsung bekerja untuk pengembangan cempaka di Sulawesi Utara,” kata Mochlis.

FGD II sendiri dilaksanakan secara semi virtual dan berlangsung dalam 2 (dua) sesi. Setelah arahan dan pembukaan kemudian dilanjutkan dengan paparan oleh National Consultant ITTO, Tri Budi Miharjo, S.Hut, M.Si dan diskusi yang dipandu Ir. C. Talumingan, MP Akademisi UNSRAT. Tingginya antusiasme peserta terhadap FGD II ini terlihat dari banyaknya masukkan dan saran untuk forum cempaka yang akan terbentuk dari berbagai kalangan, seperti lembaga pemerintah baik pusat maupun daerah, peneliti, akademisi, petani industri, serta masyarakat umum.

Dalam pelaksanaanya FGD II ini tetap mengikuti protokol kesehatan guna mencegah penularan covid-19.  Hasil yang dicapai dalam FGD II in adalah kesepakatan antar anggota diantaranya susunan kepengurusan forum cempaka, visi dan misi forum cempaka serta program kerja yang akan dijalankan.***(Muhammad Farid).

Dokumentasi : Muhammad Farid

 

------------------------------------------------------------------------------------

Balai Penelitian dan Pengembangan Lingkungan Hidup dan Kehutanan Manado

Jl. Raya Adipura Kel. Kima Atas, Kec. Mapanget, Kota Manado, Provinsi Sulawesi Utara (Indonesia)

 

Email :

Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Website :

www.manado.litbang.menlhk.go.id

www.balithut-manado.org

E-Jurnal :

http://ejournal.forda-mof.org/ejournal-litbang/index.php/JWAS

 

Dilihat: 44