5th Project Steering Committee (PSC) Meeting Project ITTO PD 646/12 Rev.3(F): Pelestarian Cempaka untuk Konservasi Sumberdaya Hutan dan Peningkatan Ekonomi Masyarakat

Kategori: Berita Utama Ditayangkan: Selasa, 20 Oktober 2020 Ditulis oleh Administrator

BP2LHK MANADO (Manado, 19/10/2020) Balai Penelitian dan Pengembangan Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BP2LHK) Manado kembali menyelenggarakan The 5th Project Steering Committee (PSC) Meeting of ITTO PD 646/12 Rev.3(F): Initiating the Conservation of Cempaka Tree Species (Elmerrillia sp.) Through Plantation Development with Local Community Paticipation in North Sulawesi” secara virtual dan tatap muka di kantor Balai Penelitian dan Pengembangan Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BP2LHK) Manado, Senin 19 Oktober 2020.

Kegiatan yang dipimpin langsung oleh Kepala Badan Litbang dan Inovasi (BLI) Dr. Ir. Agus Justianto, M.Sc, juga dihadiri oleh Sekretaris BLI, Dr.Ir. Sylvana Ratina, M.Si, Kepala Pusat Penelitian Hasil Hutan, Dr. Ir. Krisfianti Ginoga, M.Sc, perwakilan dari ITTO, Mr. Osamu Hashiromoto selaku Director of Forest Management ITTO, Ms. Akiko Tabata dan Mr. Takeshi Aihara, Wood Trade Office, Forestry Agency of Japan, Mr. Taku Sakaguchi, Global Environmental Division, Ministry of Foreign Affairs of Japan, Kepala Bagian Program dan Anggaran Sekretariat BLI Dr. Krisdianto, S.Hut, M.Sc, Project ITTO PD 646/12 Rev.3(F) Management Advisor Dr. Hiras Sidabutar serta Kepala Dinas Kehutanan Daerah Sulawesi Utara beserta staf.

Dalam pembukaannya Kepala BLI, Dr. Ir. Agus Justianto, M.Sc menyampaikan apresiasi kepada seluruh peserta yang hadir dalam PSC Meeting ke-5 Project ITTO ini terlebih atas kehadiran Director of Forest Management ITTO, Mr. Osamu Hashiromoto serta beberapa delegasi dari pemerintah Jepang.

Sebagaimana telah diketahui bahwa cempaka adalah jenis kayu kehutanan yang memiliki nilai historis dan budaya bagi masyarakat Sulawesi Utara. Kayu ini adalah bahan baku utama rumah panggung tradisional Sulawesi Utara yang pasarnya telah menembus kancah internasional. Namun belakangan ini kurangnya pasokan kayu cempaka masak tebang melemahkan minat pengusaha rumah panggung untuk menggunakan kayu ini sebagai bahan baku. “Proyek ini bertujuan untuk mendukung pengembangan cempaka di Sulawesi utara karena cempaka merupakan kayu unggulan di Suku Minahasa dan memiliki nilai ekonomi tinggi yang biasanya digunakan untuk membangun rumah Woloan, kolintang, dan produk kayu lainnya,” kata Agus Justianto.

Pada pertemuan ini Mr. Osamu Hashiromoto mengucapkan terimakasih dan apresiasi kepada Kepala Badan Litbang dan Inoavsi, Dr. Ir. Agus Justianto, M.Sc Project Coordinator dan tim yang dipimpin oleh Kepala BP2LHK Manado, Mochlis, S.Hut.T, MP serta Dr. Krisdianto yang senantiasa mengawal proses pelaksanaan dan pencapaian output project. “Saya sangat mengapresiasi kegiatan ini dapat selesai tepat pada waktunya dan dapat mencapai dua elemen kunci dari project yaitu konservasi sumberdaya hutan dan peningkatan ekonomi masyarakat lokal,” ungkap Osamu.

Peneliti BP2LHK Manado, Diah Irawati Dwi Arini, S.Hut, M.Sc selaku Project Coordinator dalam presentasi perkembangan akhir project mengatakan bahwa ada 3 output yaitu peningkatan kapasitas masyarakat lokal dalam pengembangan hutan tanaman cempaka, peningkatan partisipasi masyarakat lokal dalam pengembangan hutan tanaman cempaka, dan memperkuat dan mereview kembali kebijakan pemerintah dalam konservasi cempaka.

Diah Irawati Dwi Arini juga menambahkan bahwa indikator setiap output telah tercapai hingga proyek selesai. “Output proyek dapat menjadi kebijakan yang sangat baik baik bagi pemerintah pusat maupun daerah untuk menyebarluaskan IPTEK tentang cempaka, output proyek juga dilanjutkan dalam proses publikasi baik dalam jurnal ilmiah maupun policy brief,” tambah Diah.

Di akhir PSC Meeting Kepala BP2LHK Manado, Mochlis, S.Hut.T, MP menyampaikan komitmen bahwa BP2LHK Manado akan melaksanakan keberlanjutan projek, diantaranya pemeliharaan demplot seluas 18 ha akan disinergikan dengan kegiatan penelitian balai sehingga tanaman yang ada di dalam demplot akan terpelihara dengan baik. “Selain pemeliharaan demplot kami akan mendukung forum cempaka yang terbentuk dengan mensosialisasikan ke beberapa daerah keberadaan forum cempaka sehingga program kerja forum cempaka bisa dilaksanakan dengan baik,” tutup Mochlis.***(Muhammad Farid).

 

 

 

 

 

Balai Penelitian dan Pengembangan Lingkungan Hidup dan Kehutanan Manado

Jl. Raya Adipura Kel. Kima Atas, Kec. Mapanget, Kota Manado, Provinsi Sulawesi Utara (Indonesia)

 

Email :

Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Website :

www.manado.litbang.menlhk.go.id

www.balithut-manado.org

E-Jurnal :

http://ejournal.forda-mof.org/ejournal-litbang/index.php/JWAS

Dilihat: 81