PT Cargill Dukung Konservasi Eksitu Anoa dan Pengembangan Jamur Tiram Putih

Kategori: Berita Utama Ditayangkan: Selasa, 28 September 2021 Ditulis oleh Rina Mamonto

Kepala BP2LHK Manado Heru Setiawan, S.Hut., M.Sc. melaksanakan kunjungan kerja ke PT Cargill Indonesia – Amurang pada tanggal 23 September 2021 dalam rangka audiensi guna membahas keberlanjutan kegiatan kerjasama antara BP2LHK Manado dengan PT Cargill Indonesia Amurang dalam mendukung konservasi eksitu anoa melalui penyaluran dana tanggungjawab sosial dan lingkungan pada kegiatan pengelolaan Anoa Breeding Centre.

Pada pertemuan ini, Kepala BP2LHK Manado diterima langsung oleh Plant Manager PT Cargill Indonesia – Amurang Imelda Tandako. Dalam pertemuan yang berlangsung kurang lebih satu jam tersebut, Kepala BP2LHK Manado berkesempatan menjelaskan perkembangan pengelolaan Anoa Breeding Centre.

“Anoa Breeding Centre merupakan satu-satunya lokasi penitipan satwa anoa yang melibatkan unsur riset didalamnya. Saya mewakili BP2LHK Manado mengucapkan terimakasih kepada PT Cargill Indonesia – Amurang atas konsistensi dan dukungannya dalam mendukung upaya konservasi eksitu anoa yang sudah berlangsung selama enam tahun sejak 2015,” ungkap Heru.

Selain membahas kerjasama pengelolaan anoa Breeding Centre, dalam pertemuan tersebut juga dibahas rencana kerjasama kegiatan pelatihan jamur tiram putih kepada kelompok masyarakat di Kabupaten Minahasa Selatan. “Kegiatan ini merupakan bentuk dukungan terhadap program pemerintah daerah Kabupaten Minahasa Selatan dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ujar Imelda.

Imelda menyatakan kesepakatan dan berkomitmen untuk senantiasa mendukung dua kegiatan BP2LHK Manado yaitu konservasi anoa dan budidaya jamur tiram putih dengan media sabut kelapa. “Bahan baku media pertumbuhan jamur tiram putih yang dikembangkan oleh BP2LHK Manado sangat mendukung upaya pengelolaan limbah PT Cargill Indonesia Amurang,” pungkas Imelda.

Pada akhir pertemuan, kepala BP2LHK Manado menyerahkan plakat penghargaan dan buku budidaya jamur tiram putih dengan media sabut kelapa kepada PT Cargill Indonesia – Amurang.

Dilihat: 117