Elaborasi Sintesis Hasil Penelitian dan Pengembangan Daerah Perbatasan Selama 4 tahun, BP2LHK Manado lakukan Audiensi dengan Stakeholder di Kab. Talaud

Ditayangkan: Kamis, 12 Juli 2018

BP2LHK Manado (Melounguane, 12/07/2018) Balai Penelitian dan Pengembangan Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BP2LHK) Manado pada tanggal 10 Juli 2018 telah menyerahkan Sintesis Hasil Penelitian dan Pengembangan “Tata Kelola Sumber Daya Alam Pulau Perbatasan Berbasis Usaha Hutan Rakyat yang telah dilakukan selama 4 (empat) tahun di Pulau Perbatasan kepada stakeholder di Kab. Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara.

Bertempat di kantor Bappeda Kab. Kepulauan Talaud, Kepala BP2LHK Manado Ir. Dodi Garnadi, M.Si didampingi Tim Peneliti berharap sintesis yang telah dibuat dapat berkontribusi terhadap Pemerintah Daerah Kebupaten Kepulauan Talaud dalam mengelola Pulau Perbatasan. “Penyusunan Sintesis ini tentu saja masih banyak kekurangan sehingga masukkan dan kritikan sangat diharapkan dalam rangka penyempurnaan draft sintesis ini”, ujar Dodi.

Kegiatan penelitian dan pengembangan Teknologi Konservasi dan Rehabilitasi Sumber Daya Alam Pulau Perbatasan Bersama Masyarakat dilaksanakan sejak tahun 2015-2018 di bentang alam dan masyarakat di Pulau Miangas dan Marampit. Peneliti BP2LHK Manado yang merupakan penanggung jawab kegiatan sekaligus ketua tim penyusun Sintesis Ady Suryawan, S.Hut mengatakan bahwa dari hasil penelitian direkomendasikan beberapa hal, diantaranya perlunya dilakukan sistem agroforestri. “Masyarakat dapat mempelajari beberapa demplot agroforestri yang telah dibuat. Selain itu, pengetahuan tentang mitigasi bencana, konservasi tanah dan air serta rehabilitasi lahan tergedegradasi belum diketahui oleh masyarakat,” kata Ady.

“Kami sangat berterimakasih, moment yang tepat, saat ini BAPPEDA sedang menyusun RPJM, kemudian ada permintaan dari KKP terkait data sumber daya alam di Pulau Marampit, sehingga kami boleh menggunakan data-data ini,” ungkap Spenner, Sekretaris Bappeda Talaud.

Ady menambahkan berdasarkan permasalahan yang dihadapi, kegiatan pengembangan ini menitikberatkan pada masyarakat. Masyarakat menjadi subyek pengembangan dengan menempatkannya sebagai mitra dalam penelitian khususnya ujicoba berbagai bentuk penerapan sitem agroforestri dan silvopastur. “Penerapan system ini diyakini akan berdampak besar bagi kesejahteraan masyarakat dan kualitas ekosistem pulau, Seiring keberhasilan agroforestri dan silvopastur akan diikuti oleh keberhasilan dalam transfer teknologi konservasi dan rehabilitasi pulau perbatasan”, tambah Ady.

Untuk meningkatkan kerjasama yang baik, Kepala BP2LHK Manado dan Tim Peneliti selain melakukan koordinasi ke Bappeda Talaud juga dilanjutkan dengan koordinasi ke Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Melounguane, Resort Talaud, UPT KPHL Unit III Wilayah Sangihe - Talaud Sitaro. Dan Dinas Pertanian Kepulauan Talaud***(Ady Suryawan). 

 

Dokumentasi     : Harwiyaddin Kama

Artikel Terkait :

Jurnal Wasian Terbitkan Volume Terbaru dengan Status Terakreditasi

Tingkatkan Layanan Mutu Lembaga, Tim KNAPPP Kemenristek-Dikti lakukan Asesmen Eksternal di BP2LHK Manado

Wujudkan Kepedulian Lingkungan, BP2LHK Manado dan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Melonguane tanam 10.000 Pohon di Perbatasan

Sosialisasi Pusat Unggulan IPTEK : BP2LHK Manado Punya Sertifikasi KNAPPP, Peluang Lolos PUI Besar

------------------------------------------------------------------------------------

                                  

------------------------------------------------------------------------------------

Balai Penelitian dan Pengembangan Lingkungan Hidup dan Kehutanan Manado

Jl. Raya Adipura Kel. Kima Atas, Kec. Mapanget, Kota Manado, Provinsi Sulawesi Utara (Indonesia)

Email :

Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Website :

www.manado.litbang.menlhk.go.id

www.balithut-manado.org

E-Jurnal :

http://ejournal.forda-mof.org/ejournal-litbang/index.php/JWAS

Dilihat: 190