Perluas Wawasan Koservasi Siswa Tergabung dalam Madrasah Alam lakukan Kunjungan ke BP2LHK Manado

Kategori: Berita Utama Ditayangkan: Jumat, 17 Mei 2019 Ditulis oleh Administrator

BP2LHK MANADO (Manado, 17 Mei 2019) Dalam rangka peningkatan wawasan konservasi bagi siswa sekolah dasar, Program Madrasah Alam yang merupakan gabungan siswa-siswi berprestasi  perwakilan olimpiade sains di Sulawesi Utara dari SD Islamic Center dan SDIT Manado melakukan kunjungan wisata ilmiah ke Balai Penelitian dan Pengembangan Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BP2LHK) Manado pada Kamis (16/05/2019).

Disambut langsung oleh Kepala BP2LHK Manado, Ir. Dodi Garnadi, M.Si yang menerima kedatangan para siswa/i menyambut baik kunjungan ini dan mengucapkan selamat belajar di kampus BP2LHK Manado. ”Sesuai dengan slogan kami yaitu kampus kreatif sahabat rakyat kami menyambut baik kunjungan ini dan kami ucapkan selamat belajar kepada adik-adik semua, semoga ada beberapa pelajaran yang bisa dipetik dari kunjungan ini”. Ujar Dodi.

Menurut Manajer Program  selaku perwakilan guru yang mendampingi kunjungan, Hary Dany Rostanto, kunjungan ke BP2LHK Manado ini merupakan bagian dari program Madrasah alam yang akan berkunjung ke beberapa lokasi berkaitan dengan mata pelajaran sains. “Untuk kunjungan ke BP2LHK ini kami menitikberatkan pembelajaran siswa pada mata pelajaran sains karena memang disini sudah terkenal dengan beberapa hasil penelitian terutama tentang satwa dan tanaman kehutanan”. Kata Hari yang juga Guru di SD Islamic Center Manado.

Selain melihat video tentang BP2LHk Manado para siswa/i juga mendapat pemaparan materi tentang konservasi anoa dari Tim Anoa Breeding Centre (ABC) Manado yang diwakili oleh Diah Irawati Dwi Arini, S.Hut, M.Sc. antusiasme dari para siswa/I sangat terlihat ketika menerima penjelasan tentang keistimewaan anoa sebagai hewan langka dan endemik Sulawesi, habitat serta pakan anoa, perilaku anoa, dan bagaimana cara untuk melestarikan anoa supaya populasinya tidak berkurang.

Setelah mendengarkan materi, peserta diajak berkeliling Arboretum, melihat dari dekat anoa di ABC yang merupakan kerjasama dengan BKSDA Sulawesi Utara dan mitra ABC. kemudian dilanjutkan dengan  dengan praktek menanam di Persemaian Permanen kerjasama BP2LHK Manado dengan BPDASHL Tondano dan yang terakhir kunjungan ke Laboratorium Kultur Jaringan BPDASHL Tondano.

Di akhir acara, Siswa-siswi dari Program Madrasah alam mengaku sangatlah puas dengan kunjungan ini. Salah satu siswa mengungkapkan bahwa kunjungan ini sangatlah menambah wawasan. “Saya jadi mengetahui banyak tanaman hutan yang belum saya pelajari dan bisa memperluas wawasan sehingga bermanfaat bagi teman-teman dan saya sendiri,” ungkapnya. ***(Muhammad Farid)

Dokumentasi               : Muhammad Farid

 

 -------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

                         

-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

 Balai Penelitian dan Pengembangan Lingkungan Hidup dan Kehutanan Manado

Jl. Raya Adipura Kel. Kima Atas, Kec. Mapanget, Kota Manado, Provinsi Sulawesi Utara (Indonesia)

 

Email :

Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Website :

www.manado.litbang.menlhk.go.id

www.balithut-manado.org

E-Jurnal :

http://ejournal.forda-mof.org/ejournal-litbang/index.php/JWAS

Dilihat: 125