Tingkatkan Pengetahuan Budidaya Cempaka, BP2LHK Manado adakan FGD dan Pelatihan untuk Masyarakat Minahasa

Kategori: Berita Utama Ditayangkan: Jumat, 23 Agustus 2019 Ditulis oleh Administrator

BP2LHK Manado (Manado, 23/8/2019)_BP2LHK Manado sebagai lembaga yang dibina menjadi Pusat Unggulan IPTEK (PUI) konservasi Flora dan Fauna Endemik Wallacea bekerjasama dengan ITTO melalui Proyek ITTO  PD 646/12 Rev.3 (F)  “Initiating the Conservation of Cempaka Tree Species (Elmerrillia spp.) through Plantation Development with Local Community Participation in North Sulawesi, Indonesia” mengadakan kegiatan FGD dengan topik “To Train Local Communities on Cempaka Nursery’s Development Techniques at Small-Scale Nurseries” sebagai salah satu bentuk hilirisasi produk Litbang ke masyarakat.

Kegiatan FGD sendiri dilaksanakan di 2 (dua) desa di 2 kabupatan di Sulawesi Utara. Kegiatan pertama di Desa Koka Kab. Minahasa 12-15 Agustus 2019 dan kedua di Desa Talawaan Atas Kab. Minahasa Utara 19-22 Agustus 2019.

“Melalui kegiatan FGD dan pelatihan ini kami berharap pengetahuan masyarakat lokal di tiga Kabupaten di Sulawesi Utara tentang budidaya cempaka serta peran masyarakat dalam usaha membangun tegakan cempaka berbasis masyarakat akan meningkat,” Kata Diah Irawati Dwi Arini  S.Hut, M.Sc Peneliti BP2LHK Manado selaku penanggungjawab kegiatan FGD dan pelatihan ini ketika membuka kegiatan pertama di Desa Koka Kab. Minahasa (12/08/19).

Lebih lanjut menurut Diah, bahwa peningkatan pengetahuan masyarakat lokal mengenai cempaka yang diharapkan meliputi pengenalan jenis pohon cempaka, perencanaan dan persiapan pembangunan persemaian, teknik silvikultur/produksi bibit cempaka secara vegetatif, generatif dan cabutan serta perawatan bibitnya, dan analisis usaha pembuatan persemaian cempaka.

Selain penjelasan dan diskusi dalam kelas, kegiatan FGD dirangkai dengan pelatihan, praktek, serta kunjungan lapangan ke persemaian permanen milik masyarakat dan BPDASHL Tondano. Bapak Yos Rawung yang mewakili kelompok tani di Desa Koka, Minahasa yang mengikuti FGD dan pelatihan mengungkapkan sangat senang dan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya kepada BP2LHK Manado atas diselenggarakannya kegiatan ini karena sangat bermanfaat bagi masyarakat khususnya masyarakat Minahasa. “kami sangat senang dan mengucapkan terima kasih kepada BP2LHK Manado karena mendapatkan ilmu yang banyak tentang pembangunan persemaian cempaka dan tentunya sangat bermanfaat bagi kami,” Ungkap Yos.

Sementara itu Project Coordinator  ITTO  PD 646/12 Rev.3 (F), Kristian Mairi, S.Hut, M.Sc  saat membuka kegiatan kedua di Desa Talawaan Atas Kab. Minahasa Utara (19/08/19) berharap agar masyarakat  bisa menyerap ilmu yang diberikan Trainer dan mengaplikasikan ilmu yang diperoleh dengan sebaik-baiknya. “setelah kegiatan ini saya mengharapkan bapak/ibu bisa mengaplikasikannya di kebun masing-masing baik bagaimana cara menyemai cempaka dan merawat bibit dengan baik bahkan bisa menghasilkan bibit untuk tujuan komersil karena bisnis persemaian cempaka sangat potensial dan dibutuhkan oleh masyarakat sulut sekarang ini,” Harap Kristian.

Diakhir kegiatan FGD dan pelatihan yang kedua (22/08/19), Kepala BP2LHK Manado, Mochlis, S.Hut.T, MP ketika menutup kegiatan di kantor BP2LHK Manado menyampaikan pesan kepada masyarakat yg dilatih setelah dilakukan pelatihan teknik pembuatan persemaian baik teori maupun praktek kemampuan teknis petani sudah meningkat untuk memulai bisnis persemaian cempaka secara pribadi dan kelompok. “hal yang  terpenting yg setelah pelatihan ini adalah segera melakukan pembuatan persemaian secara mandiri (eksekusi) agar ilmu pengetahuan yg diperoleh tidak hilang karena msh segar diingat dan apabila mengalami kesulitan BP2LHK Manado akan siap memberikan asistensi dan pendampingan”. tutup Mochlis.***MFF

Dokumentasi : Muhammad Farid & Rina Mamonto

 -------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

                         

-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

 Balai Penelitian dan Pengembangan Lingkungan Hidup dan Kehutanan Manado

Jl. Raya Adipura Kel. Kima Atas, Kec. Mapanget, Kota Manado, Provinsi Sulawesi Utara (Indonesia)

 

Email :

Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Website :

www.manado.litbang.menlhk.go.id

www.balithut-manado.org

E-Jurnal :

http://ejournal.forda-mof.org/ejournal-litbang/index.php/JWAS

Dilihat: 105