Pemerintah Bangun Ekonomi Kerakyatan Berbasis Bambu

Kategori: Berita Kemenlhk
Ditayangkan: Jumat, 10 Agustus 2018
Ditulis oleh Administrator
Pemerintah terus menjaga komitmen negara hadir untuk kesejahteraan rakyat. Hal ini dilakukan melalui komunikasi di lapangan untuk menjaring berbagai inisiatif di tengah masyarakat.
 
"Saat ini Bapak Presiden secara intensif terus melakukan pemerataaan ekonomi umat untuk masyarakat. Hal ini dilakukan melalui tiga kunci, yaitu akses lahan, kemudian fasilitasi seperti perbankan dan bantuan bibit, serta training (pelatihan) untuk masyarakat," ujar Menteri LHK Siti Nurbaya.

Berita Selengkapnya

KLHK luncurkan Sistem Pelaporan Online Pengendalian Karhutla bagi Perusahaan

Kategori: Berita Kemenlhk
Ditayangkan: Selasa, 07 Agustus 2018
Ditulis oleh Administrator

Direktorat Jenderal Pengendalian Perubahan Iklim (PPI) meluncurkan sistem Web Base Pelaporan Online Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan di Areal Konsesi Hutan di Jakarta (15/10/2018). Sistem Web Base Pelaporan Online ini sudah dibangun KLHK sejak tahun 2017 lalu dan telah disosialisasikan dan diujicobakan kepada perusahaan-perusahaan di lima provinsi, yaitu Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Kalimantan Barat, dan Kalimantan Tengah. 

Sosialisasi selama setahun terakhir bertujuan untuk menggali masukan dari pelaksana di lapangan untuk menampung permasalahan yang ada sebagai bahan perbaikan. Sehingga sistem pelaporan yang dibangun ini dapat disempurnakan. Diharapkan sistem pelaporan online ini dapat diterapkan segera agar sistem pemantauan dan evaluasi juga dapat dilakukan lebih efektif dan efisien.

Berita Selengkapnya

Capaian KLHK pada 4 Tahun Pemerintahan Joko Widodo - Jusuf Kalla

Kategori: Berita Kemenlhk
Ditayangkan: Rabu, 01 Agustus 2018
Ditulis oleh Administrator

Jakarta, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Kamis, 25 Oktober 2018. Menteri LHK, Siti Nurbaya menjelaskan capaian 4 tahun pemerintah khususnya KLHK kepada media di Jakarta (25/10/2018). KLHK berperan dalam Pilar IV Capaian 4 Tahun Pemerintahan Joko Widodo - Jusuf Kalla, yaitu Peningkatan Stabilitas Politik dan Keamanan, Penegakan Hukum dan Tata Kelola Pemerintahan. Secara garis besar, Menteri LHK memberikan fokus terhadap 3 hal, yaitu Deforestasi, Penegakan Hukum LHK, dan Penanganan Kebakaran Hutan dan Lahan.

Gelar Rakornis, Menteri LHK Paparkan Strategi Penanganan Kawasan Konservasi

Kategori: Berita Kemenlhk
Ditayangkan: Rabu, 23 Mei 2018
Ditulis oleh Administrator

Jakarta, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Rabu, 17 Oktober 2018. Hutan mempunyai nilai strategis sebagai sumber plasma nutfah, yang kaya keanekaragaman hayati. Selain itu, hutan juga merupakan sistem penyangga kehidupan dengan fungsi ekologi, ekonomi dan sosial, sekaligus komponen penting dalam perubahan iklim. Untuk mewujudkan mandat pembangunan berkelanjutan dengan tetap mengadopsi prinsip dan etika konservasi keanekaragaman hayati, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya memberikan arahan penting terkait pendekatan penanganan kawasan konservasi, sebagai benteng terakhir pelestarian keanekaragaman hayati.

“Kawasan konservasi bernilai ekologis sosial dan ekonomi; kawasan konservasi menstimulir pengembangan wilayah dan pertumbuhan ekonomi; Kawasan konservasi mengatasi problema sosial masyarakat; Kawasan konservasi mendorong kesejahteraan masyarakat; dan Kawasan konservasi penopang utama dalam menjaga fungsi alam”, jelas Menteri Siti dalam acara Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) Bidang Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem (KSDAE) di Jakarta (17/10/2018).

Pengelolaan keanekaragaman hayati pada dasarnya mencakup tiga kepentingan besar, yaitu ekologi, ekonomi dan sosial. Untuk mewujudkan mandat pembangunan berkelanjutan dengan tetap mengadopsi prinsip dan etika konservasi keanekaragaman hayati, semua komponen harus melakukan upaya-upaya sistematis yang secara garis besarnya dikelompokkan menjadi: (1) preservasi ekosistem dan habitat alami; (2) konservasi spesies dan genetik; (3) pengembangan keekonomian pemanfaatan jasa-jasa ekosistem; serta (4) perlindungan kawasan konservasi, ekosistem alami lainnya (ekosistem esensial dan high conservation value forest), keanekaragaman spesies, dan keanekaragaman sumberdaya genetik. .

Berita Selengkapnya

Indonesia Rancang Dokumen Status Hutan Terkini

Kategori: Berita Kemenlhk
Ditayangkan: Kamis, 26 April 2018
Ditulis oleh Administrator

KLHK bekerja sama dengan Food and Agricultural Organization (FAO) tengah menyusun publikasi pertama dokumen Status Hutan Indonesia atau State of Indonesian Forest (SOFO). Selasa (15/5/2018) KLHK bersama perwakilan FAO menggelar lokakarya untuk menyelesaikan isi dokumen tersebut.

Berita Selengkapnya

 

Kategori: Berita Kemenlhk

 

Kontak Kami

Balai Penelitian dan Pengembangan Lingkungan Hidup dan Kehutanan Manado

Jl. Raya Adipura Kel. Kima Atas, Kec. Mapanget, Kota Manado, Provinsi Sulawesi Utara (Indonesia)

Phone : (0431) 7242949

Email :

Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

 

Halaman Dalam Perbaikan

Kategori: Berita Kemenlhk
Ditayangkan: Rabu, 18 April 2018
Ditulis oleh Administrator

Maaf Halama Masih dalam perbaikan